Berdayakan Pesantren Melalui BUMP Ternak Ayam Pedaging

  • Post published:25 Maret 2017

YBM_Berdayakan Pesantren Melalui BUMP Ternak Ayam Pedaging1

BARITO KUALA — Mengangkat perekonomian melalui pondok pesantren menjadi salah satu terobosan terbaik dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI). Sebagai pengelola zakat, infak, sedekah dari para pekerja BRI, kemudian YBM-BRI mengubahnya menjadi program-program pemberdayaan dengan berbagai sektor usaha. Salah satunya adalah Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP), yang menggerakkan lini usaha di lingkup pesantren.

YBM_Berdayakan Pesantren Melalui BUMP Ternak Ayam Pedaging2Untuk terus memastikan usaha-usaha di BUMP bergulir dengan baik, pihak YBM-BRI terus memberikan pembinaan dan monitoring. Seperti yang berlangsung di Pondok Pesantren Al Mujahidin, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, pada Jumat (24/3). Di pondok pesantren tersebut, YBM-BRI merintis BUMP dengan konsentrasi usaha ternak ayam pedaging.

Pengelolaan BUMP ternak ayam pedaging dikelola oleh ustadz dan santri dari pondok pesantren tersebut. Untuk penanggung jawab utama, berada pada komando dua ustadz. Kemudian untuk perawatan ayam termasuk menjaga kandang dan memberikan makanan, dibagi sesuai jadwal yang dilaksanakan para santri.

“Ini menjadi salah satu program unggulan YBM-BRI dalam menebar manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang bergulir di Pondok Pesantren Al Mujahidin, salah satunya kami menggulirkan program BUMP usaha ternak ayam pedaging. Diharapkan ini dapat membantu dalam memberikan tambahan pemasukan bagi pesantren,” ungkap Dwi Iqbal Noviawan, selaku General Manager YBM-BRI pusat.

YBM_Berdayakan Pesantren Melalui BUMP Ternak Ayam Pedaging3

Saat monitoring dan pembinaan berlangsung, Jumat (24/3), usia ayam ternak di kandang Pondok Pesantren Al Mujahidin telah memasuki usia 32 hari. Saat dilakukan penimbangan, bobot ayam sudah mencapai dua kilogram per ekor. Bahkan, sudah banyak yang memesan ayam-ayam tersebut untuk dibeli dan kemudian dikonsumsi.

“Alhamdulillah, ini merupakan perputaran kedua dari ternak ayam pedaging ini. Setelah pada panen pertama November lalu, kami berhasil meraup laba Rp. 6 juta dari 500 ekor ayam, yang kemudian kami lanjutkan untuk periode ternak kedua ini. Alhamdulillahnya lagi, di periode kedua ini, sudah banyak masyarakat yang memesan ayam-ayam ini dan kami menjualnya Rp. 19.000/Kilogram. Terima kasih sekali atas dukungan dan bantuan dari YBM-BRI, ini terus memotivasi kami dalam menggerakkan usaha-usaha produktif di pesantren ini,” tutur Ustadz Nur Khair, selaku penanggung jawab BUMP ternak ayam pedaging Pondok Pesantren Al Mujahidin.