Pemulasaraan Jenazah Medan

Pemulasaraan Jenazah Medan

“Pelatihan pemulasaran jenazah ini sangat bermanfaat, apalagi bagi kami yang berdakwah di daerah minoritas. Selama ini masih tidak percaya diri apabila diminta mengurus Jenazah. Dengan pelatihan ini InsyaAllah lebih siap dan lebih percaya diri”. Ungkap Pak Agus, salah satu da’i binaan YBM BRI.

Bagi sebagian orang, mendengar kata jenazah atau berdiam lama-lama bersama jenazah menimbulkan perasaan takut. Tidak semua orang juga yang mengerti bagaimana etika dan tata cara mengurusi jenazah yang sesuai syariat agama. Namun, tahukah kamu kalau mengurus jenazah merupakan salah satu tugas mulia?

Melalui Program Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, YBM BRI Kanwil Medan berupaya memberikan pembekalan kepada para marbot, da’i, dan mahasiswa binaan yang diselenggarakan di Aula pondok pesantren Darul Hikmah TPI, Medan (13/6).

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para marbot, da’i dan mahasiswa dalam mengurus jenazah yang bersifat fardu kifayah. Berbekal pengetahuan pemulasaraan jenazah, kehadiran mereka diharapkan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.” Ungkap Manager Wilayah Medan, Jon Eriadi.

Diselenggarakannya pelatihan ini merupakan respon YBM BRI terhadap banyaknya pemahaman masyarakat muslim yang belum utuh mengenai tata cara mengurus jenazah yang baik, benar, dan tertib sesuai dengan tuntunan syari’at Islam.

Adapun materi yang disampaikan meliputi adab mengurus jenazah, tahapan pengurusan jenazah, teknik pengkafanan, dan teknik penguburan. Dalam pelatihan ini juga diserahkan puluhan paket pemulasaraan jenazah untuk masjid – masjid binaan YBM BRI Kanwil Medan.