Berbagi Semangat Difabel

  • Post published:April 3, 2017

YBM_Berbagi Semangat Difabel

 Dalam rangka HUT BRI Ke-121, Bank BRI melaui YBM-BRI telah menyalurkan bantuan Program Berbagi Semangat Difabel kepada 2 (dua) lembaga disabilitas, yaitu Yayasan Peduli Kesejahteraan Tuna Netra (PKTN) dan Federasi Kesejahteraan Penyandang Cacat Tubuh Indonesia (FKPCTI).

Penyaluran bantuan untuk Yayasan PKTN telah dilaksanakan pada tgl 18 Januari 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pak Arif (Sekretaris YBM), Pak Panggeng (Ketua PKTN) dan peserta penerima bantuan. Adapun bantuan yang diberikan adalah sewa tempat belajar, laptop, meja, kursi, paket soundsystem, almari, kipas angin, tongkat tunanetra, voice recorder, seragam, alat tulis braile dan Iqra’ braile. Dalam kesempatan tersebut, pak Arif menyampaikan semoga bantuan tersebut dapat membantu kebutuhan individu para difabel yang sedang belajar, baik kebutuhan dasar maupun kebutuhan belajar, untuk meningkatkan kualitas hidup ke depan, dan tentu juga untuk membantu Yayasan PKTN karena mengingat berkat bantuan tersebut saat ini PKTN dapat menempati tempat baru dengan sarana pembelajaran yang cukup lengkap bahkan berteknologi”.

Pemberian bantuan tersebut diharapkan dapat melahirkan kader unggulan yang dapat mengikuti jejak seniornya, sebagai salah contoh bahwa ada yang telah hafal al-Quran hingga dipercaya jadi imam masjid, ada yang lulus S-1 kuliah hingga jadi ustad, dan ada yang diterima di Indosiar karena keterampilan komputernya. Pak Panggeng selaku Ketua PKTN, mewakili dari para peserta, beliau mengucapkan terima kasih yang begitu dalam kepada YBM BRI, dengan adanya bantuan tersebut beliau menjadi optimis karena beliau yakini bantuan ini akan menambah semangat belajar bagi peserta didik tunanetra karena semua yang mereka miliki saat ini serba baru apalagi didukung dengan akses tempat belajar yang mudah di jangkau karena dekat dengan jalan. Dalam monitoring kami satu bulan terakhir, Alhamdulillah kegiatan di PKTN berjalan dengan lancar, mungkin ini bagian dari rasa syukur mereka dan bagian dari manfaat berkelanjutan yang diharapkan YBM BRI, terang Muhajir Anshori selaku Pelaksana Harian YBM Kanwil Jakarta 1.

Di tempat yang berbeda, masih dalam rangkaian Program Berbagi semangat Difabel, pada tanggal 23 Maret 2017, YBM BRI telah menyalurkan bantuan untuk difabel tunadaksa yang bertempat di Federasi Kesejahteraan Penyandang Cacat Tubuh Indonesia (FKPCTI) di Cijantung, Jakarta Timur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh AMBM Kanca BRI Otista (Agus Purwadi), Ketua FKPCTI (Mahmud Fasa) dan peserta penerima bantuan. Adapun bantuan yang diberikan berupa alat kursi roda untuk memudahkan aktifitas para difabel yang umumnya penderita poli kaki. “Saya hanya bisa ucapkan terima kasih banyak pak, Alhamdulillah saat ini saya punya kursi roda baru, ini bisa gantiin kursi roda saya yang sudah lama rusak dan tidak layak pakai, seneng rasanya” demikian kata salah satu peserta difabel, yang bernama bu Yurlina, 38 tahun dan memiliki 4 anak.

Total bantuan yang diberikan YBM BRI untuk para difabel di 2 (dua) lembaga tersebut adalah sebesar 157.250.000,- dengan total penerima manfaat sebanyak 32 orang. Dana bantuan tersebut adalah bersumber dari dana zakat para pekerja BRI yang dipotong 2,5% dari gaji bulanan yang mereka terima selama ini.