Bencana Asap Riau

Bencana Asap Riau

  • Post published:12 September 2019

Pekanbaru. Asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kondisinya semakin parah di Pekanbaru, Riau. Hari ini kondisi udara tampak mendung dan menguning akibat kabut asap yang pekat. Suasana kota Pekanbaru hari ini, Kamis (12/9/2019), kondisi kepungan asap Karhutla semakin parah. Jarak pandang sebelumnya tembus 1 Km, hari ini di sejumlah tempat hanya tembus 300 meter.

Tidak hanya jarak pandang yang semakin pendek. Kabut asap dan debu yang semakin pekat membuat kondisi langit menguning. Hujan yang sudah lama tidak turun kian memperburuk kondisi di Provinsi Riau khusus di Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru menginstruksikan sekolah diliburkan selama dua hari yakni hari Selasa dan Rabu tanggal 10-11 September 2019 karena pertimbangan pekatnya asap Karhutla sudah dalam status tidak sehat.

Melihat kondisi yang semakin memburuk Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan memberikan masker di beberapa simpang jalan.

YBM BRI Kanwil Pekanbaru turut bergerak membagikan masker di beberapa titik program pemberdayaan, seperti PKUR, BUMP, dan IP2BK. Sebanyak 600 masker N95 dan 5.000 masker dibagikan kepada penerima manfaat program YBM BRI.

“Terima kasih YBM BRI. Kepala saya, anak dan istri saya sudah mengalami pusing dan batuk-batuk, anak saya bahkan sakit demam karena paparan asap yang menebal ini,” ungkap Busnadi, anggota kelompok PKUR Produksi Perabotan Kayu.