Bekali Beragam Ilmu Bagi Penerima Beasiswa

  • Post published:Mei 18, 2017

Bekali Beragam Ilmu Bagi Penerima Beasiswa

MEDAN — Memberdayakan masyarakat tak hanya sebatas memberi bantuan semata. Tetapi juga perlu adanya pemantauan, pendampingan, hingga pembinaan bagi para penerima manfaat. Karena dengan langkah-langkah tersebut, para penerima manfaat merasa tak hanya sekali diperhatikan, tapi terus-menerus.

Ya, seperti halnya Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI). Dalam memberikan bantuan juga dibarengi dengan pendampingan maupun pembinaan. Seperti yang bergulir pada program bantuan beasiswa reguler tingkat perguruan tinggi di YBM-BRI kantor wilayah Medan.

Pada akhir Maret lalu, dengan mengambil tempat di Ruang Tahfidz Al Fattah, Masjid Bakti, Medan, YBM-BRI menggelar pembinaan rutin penerima beasiswa reguler tingkat perguruan tinggi. Gelaran tersebut mengusung tema “Praktek Pelaksanaan Fardu Kifayah” yang disampaikan langsung oleh Ustadz Razali Taat.

“Sebagai generasi muda Islam, akan lebih baik dapat menyelenggarakan fardu kifayah danengurus jenazah. Jangan lantas ada Bilal di kampung, kita menyerahkan kepadanya saja. Sebagai generasi muda, harus berani tampil dalam membantu mengurus jenazah. Apalagi yang kita urus adalah orang tua dan keluarga kita. Tidak usah takut, pengalaman saya lima tahun sebagai Bilal jenazah, belum ada satupun yang komplain dan menjumpai saya,” ungkap Ustadz Razali, dengan lugas.

Gelaran kali ini dihadiri 14 orang dari 20 penerima beasiswa. Mereka semua merasa senang dan mendapatkan ilmu yang memiliki manfaat berkelanjutan. Seperti yang diungkapkan Siti Habibah, salah satu penerima beasiswa YBM-BRI, “ternyata kami tak hanya mendapatkan bantuan biaya kuliah, tetapi juga bekal ilmu agama yang luar biasa. Khususnya kali ini bekal ilmu mengurus jenazah. Awalnya kami semua kan belum tahu dan takut”.

“Ini merupakan gelaran kedua di 2017 ini dan dilaksanakan pada minggu keempat setiap bulannya. Kegiatan ini bersifat wajib bagi para penerima manfaat beasiswa reguler YBM-BRI untuk tingkat perguruan tinggi. Pengajian, bedah buku, hingh seminar motivasi wirausaha, menjadi agenda kegiatan ini, yang sekaligus menjadi wadah evaluasi bulanan bagi penerima beasiswa,” papar Jon Eriadi, selaku pelaksana harian YBM-BRI kanwil Medan.