Bawang Cangkring Yogyakarta

  • Post published:26 April 2017

Yogyakarta, 18 April 2017. Teriknya sinar matahari siang tak menyurutkan semangat para petani bawang merah untuk berladang di area lahan pasir pantai Dusun Cangkring, Poncosari, Bantul. Hari tersebut merupakan hari yang ditunggu tunggu para petani lahan pasir pantai karena setelah masa tanam 3 bulan bawang merah siap
untuk dipanen. Teknis pengolahan tanaman lahan pasir memang sedikit berbeda dengan pertanian di area persawahan, kesabaran dan keuletan sangat dibutuhkan untuk merawat tanaman tersebut disetiap harinya. Pengolahan tanah persiapan tanam dan penyiraman menjadi kunci utama dalam bercocok tanam di lahan pasir pantai.

Sebelum dikembangkannya inovasi penggarapan lahan pasir pantai lahan yang membentang luas tersebut merupakan lahan tidur yang banyak ditumbuhi semak belukar dan tidak produktif sehingga hanya dimanfaatkan
untuk tambak udang yang notabene tambak tersebut hanya dikuasai oleh pemodal besar dan menimbulkan pencemaran air payau disekitar pemukiman.

Pada HUT BRI ke 121 lalu, YBM BRI memberikan modal usaha melalui program Klaster Usaha Unggulan Rakyat (KUUR) senilai Rp.57.800.000,- untuk 20 penerima manfaat termasuk beserta pendampingan oleh mentor usaha sebagai upaya peningkatan kualitas hasil pertanian.

Ruslan Affnndi (40) salah satu petani penerima manfaat bantuan program KUUR YBM BRI merasa bersyukur dengan adanya program tersebut. Hasil pertaniannya meningkat setelah mendapatkan pendampingan oleh mentor. Dalam pengolahan lahan 1000 m, ia dapat memanen bawang merah seberat 500 kg dengan keuntungan Rp. 3.000.000 dalam 1 kali masa panen (3 bulan).

Ruslan menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada YBM BRI yang telah menyalurkan amanah zakat para pekerja BRI sehingga petanikecil bisa mendapat bantuan modal usaha beserta bimbingan teknis oleh tenaga ahli untuk peningkatan hasil pertanian. “Alhamdulillah kami merasa bersyukur mendapatkan bantuan modal usaha.
Bantuan tersebut menjadi semangat baru untuk bertani. Semoga para muzakki (pekerja BRI) diberikan kesehatan, berkah dan rizki yang bermanfaat serta sukses selalu untuk YBM BRI”, tuturnya.