Apresiasi Mualaf YBM BRI Kanwil Malang

Apresiasi Mualaf YBM BRI Kanwil Malang

  • Post published:28 Desember 2018

Di pinggiran Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Swaru, Gondanglegi, Malang, daerah tersebut mayoritas non muslim,  sangat terlihat sekali ketika bulan ramadhan, hal wajar bertemu dengan warga yang makan maupun minum di siang hari.

Alhamdulillah dengan perjuangan panjang para penggiat mualaf yang dimotori oleh Ustadz Abdul Kholiq merintis dan mendirikan komunitas mualaf bahkan telah disahkan dengan Sk Kemenhumham, banyak agenda yang dilaksanakan komunitas tersebut, antara lain pertemuan mingguan yang diisi dengan pembinaan dan pendampingan, baik masalah agama maupun yang lain.

Selaku pembina beliau berharap YBM BRI dapat bersinergi dan terus perhatian kepada para mualaf, terakhir beliau berterima kasih kepada YBM BRI atas kepeduliannya merawat dan memperhatikan nasib para mualaf. “Mereka sudah masuk islam, sekarang tugas kita mau apa tidak membina dan mengarahkan mereka,” tungkas beliau.

Pada tanggal 20 Desember telah dilaksanakan penyerahan bantuan mualaf oleh Bapak Andjar Gladianto selaku ketua pengurus YBM  BRI Kanwil Malang kepada komunitas tersebut. Bantuan yang diberikan sebesar Rp. 55.000.000 berupa uang santunan Rp. 400.000, buku-buku keislaman, dan Al-Qur’an untuk 100 orang mustahik.

Berselang satu hari tepatnya tanggal 21 Desember penyerahan bantuan oleh Wakil Ketua dan  Sekretaris YBM BRI Kanwil Malang Bapak Rino Nugroho dan Bapak Rinto Sugiharto di Desa Wirotaman Ampelgading Malang acara tersebut dibuka langasung oleh Kepala Desa Wirotaman, Bapak H Sholeh, beliau bercerita rata-rata mualaf berasal dari agama Hindu, sama halnya dengan Ustadz Abdul Kholiq di Swaru, Bapak Sholeh juga berusaha sangat maksimal dalam membimbing para mualaf tersebut, bahkan beliau mengajar alif ba’ ta’ sendiri.

Beliau bercita-cita ingin mendirikan pesantren rakyat selain mengayomi dan sebagai wadah pembinaan mualaf secara umum juga terhadap putra-putri di lingkungan sekitar, harapan beliau YBM BRI dapat mendukung baik secara materiil maupun immateriil untuk mewujudkan cita-cita tersebut.