Abu Hurairah, Perawi Hadits yang Menyukai Kucing

Abu Hurairah, Perawi Hadits yang Menyukai Kucing

  • Post published:Juli 23, 2019

Abdurahman bin Sakhr merupakan nama asli dari sahabat yang akrab kita dengar dengan Abu Hurairah. Beliau di panggil Abu Hurairah karena di waktu kecil ia di perintahkan untuk mengembala beberapa ekor kambing milik keluarganya.

Di sela sela ia mengembala kambing, Abu Hurairah selalu bermain dengan kucing kecilnya di saat siang hari dan jika malam sudah tiba, kucing tersebut di letakkan di atas pohon lalu Abu Hurairah pulang kerumahnya. Kebiasaan ini berjalan terus sampai teman sebayanya memanggilnya dengan Abu Hurairah yang berarti si pemilik kucing kecil.

Abu Hurairah lahir di daerah Ad Daus Yaman. Pada awal tahun ke tujuh hijriah diumurnya yang ke dua puluh enam, Abu Hurairah ra hijrah ke Madinah.

Suatu hari kucing itu mengeong hingga terdengar oleh Rasulullah Saw. Beliau pun bertanya “Apa itu wahai Abdu Syams?” Anak kucing yang aku temukan ya Rasulallah. Baiklah, maka engkau adalah Abu Hurairah (Bapak kucing kecil). Semenjak kejadian itu, ia selalu dipanggil dengan julukan Abu Hurairah.

Abu Hurairah banyak menghabiskan waktunya untuk mendampingi Nabi Muhammad SAW. Sebagian riwayat menyebutkan bahwa Abu Hurairah lahir 19 tahun sebelum hijrah Nabi SAW. Namun baru masuk Islam kurang lebih pada tahun ke-7 hijriyah, setelah Perang Khaibar. Masa beliau hidup bersama Rasulullah SAW praktis kurang lebih hanya sekitar 2-3 tahun saja.

Abu Hurairah ra termasuk shahabat yang bergaul dengan Nabi SAW secara intensif. Boleh dibilang 24 jam dalam sehari, kemana beliau SAW berada, disanalah Abu Hurairah ikut menguntitnya.

Abu Hurairah sendiri memang seorang penghafal hadits yang handal. Beliau nyaris sempurna dalam menghafal hadits. Dan anugerah itu tidak secara otomatis dimiliki oleh para shahabat yang lain.

Meski hanya terbilang singkat kebersamaan dengan Rasulullah SAW, ternyata Abu Hurairah termasuk orang yang paling banyak meriwayatkan hadits. Jumlahnya tidak kurang dari 5.374 butir hadits.