3 Ponpes Binaan YBM-BRI di Lampung

  • Post published:17 November 2014

3 Ponpes Binaan YBM-BRI di Lampung

Jum’at, 14 November 2014, YBM-BRI menyerahkan bantuan dana pemberdayaan ponpes kepada 3 ponpes binaan YBM-BRI di Provinsi Lampung. Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh General Manager YBM-BRI, Dwi Iqbal Noviawan, ini diberikan kepada Pondok Pesantren Jabal An-Nur sebesar Rp 102.000.000,-, Pondok Pesantren Darul Hidayah sebesar Rp 171.016.000,- dan Pondok Pesantren Nurul Falah sebesar Rp 156.847.000,-.
Bantuan ini merupakan wujud komitmen YBM-BRI untuk memberdayakan ponpes melalui program pemberdayaan ponpes berbasis pondok pesantren. Nantinya, bantuan ini akan digunakan untuk beberapa bidang seperti pendidikan, kesehatan, sosial dakwah, dan ekonomi.
Dalam bidang pendidikan, misalnya, living cost untuk para santri. Setiap santri akan mendapatkan bantuan sekitar Rp 350 ribu-Rp 500/bulan. Untuk para asatidz juga mendapatkan insentif Rp 500ribu/bulan bagi yang sudah berkeluarga dan Rp 250ribu bagi yang belum berkeluarga.
YBM-BRI juga berkomitmen memperbaiki sarana pendidikan seperti kelas, asrama, dan toilet. Bahkan, ada juga program mitigasi bencana berbasis ponpes yang diadakan di beberapa ponpes yang terletak di daerah rawan bencana, seperti Jakarta yang rawan banjir.
Ponpes yang menerima program pemberdayaan ini dipilih berdasarkan beberapa kriteria, seperti telah memiliki izin operasional dari Kemenag, operasional ponpes yang dikelola sendiri, usia ponpes telah lebih dari tiga tahun, dan jumlah santri berkisar antara 50-250 orang.