Salam Pembuka Badan Pengurus

Tri Wintarto

Tri Wintarto

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua, sehingga kita dapat menjalani kehidupan dengan penuh manfaat. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir zaman.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh YBM-BRI bukanlah pekerjaan mudah. Karena hal tersebut, maka di tahun 2014 YBM-BRI mencoba mengatasinya dengan bekerjasama beberapa pihak dan merekrut SDM di 19 Kantor Wilayah Seluruh Indonesia.

Pada tahun 2014, YBM-BRI sesuai dengan kredonya “Reach The Unreacheable” bervisi menggapai mustahik penerima manfaat hingga pelosok negeri dan meraih mereka yang selama ini termarjinalkan. Sebagai perwujudannya, YBM-BRI pada tahun 2014 menjadikan Pondok Pesantren sebagai pusat pemberdayaan melalui Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren. Hingga akhir 2014, YBM-BRI telah melakukan asessment dan telah membina 53 pondok pesantren yang tersebar di Seluruh Indonesia. Pondok pesantren menerima bantuan dalam hal beasiswa; apresiasi pendidik; sarana prasarana; dan Badan Usaha Milik Pesantren.

Sementara itu, melalui Program Berbagi Sehat Rakyat Indonesia YBM-BRI mulai menyentuh Permasalahan gizi buruk dan ketahanan pangan keluarga Indonesia. Dimulai dari triwulan akhir 2014 YBM-BRI berikan bantuan berupa paket makanan tambahan kepada 1000 anak sekolah tingkat SD di Kecamatan Kampung Laut, Cilacap. Kemudian dilanjutkan di Singkawang sebanyak 1000 paket.

Program Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia pada tahun 2014 melakukan inisiasi Program Ikhtiar Penguatan Warung Rakyat sebagai salah satu bentuk keprihatinan dengan mulai menjamurnya minimarket. Menurut Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) bahwa pertumbuhan minimarket pada satu titik lokasi bisa mematikan 20 warung rakyat. Melalui semangat itulah YBM-BRI memberi modal usaha kepada 70 warung kelontong di Babakan Madang, Bogor.

Program Berbagi Smart Rakyat Indonesia pada tahun 2014 mulai menyasar pendidik, karena sejatinya kualitas anak didik adalah cerminan dari kualitas pendidiknya. Bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) YBM-BRI mengadakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Pendidik di Pondok Pesantren Ummul Qura’ sebagai salah satu piloting.

Program Berbagi Syiar Rakyat Indonesia pada tahun 2014 menyelenggarakan TOT (Training Of Trainer) Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an Metode KQM (Kauny Quantum Memory) yang telah terselenggara di empat Kanwil BRI dan akan terus dilaksanakan secara roadshow di 19 Kanwil BRI Selindo. Pada tahun 2014 YBM-BRI membantu 159.345 penerima manfaat dari Sabang hingga Merauke, tentu ini merupakan pencapaian yang luar biasa dibanding tahun sebelumnya yang membantu 33.744 penerima manfaat.

Merujuk pada nasihat ulama “Kewajiban yang kita miliki lebih banyak daripada waktu yang tersedia, maka saling bantu-membantulah dalam memanfaatkan waktu yang ada” begitupun dengan YBM-BRI, kami mencoba memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk dapat terus memberikan kontribusi melepaskan Indonesia dari kemiskinan.
Wallahualam bishawab
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh