Program Pelatihan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) YBM BRI bidik Ibu-Ibu Rumah Tangga dan Anak Muda

ChanelMuslim.Com – Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) memiliki Program Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia. Program ini menjadi salah satu program pemberdayaan YBM BRI dalam bidang ekonomi.

Program ini merupakan ujung tombak dalam upaya mengangkat Mustahik (kelompok masyarakat penerima zakat) menjadi Muzakki (kelompok yang memberi zakat). Salah satu program unggulan dari pemberdayaan ekonomi itu adalah program Pelatihan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR).

Salah satu yang sudah menerima manfaat dari YBM BRI adalah usaha jahit rumahan Neng’s Creative Home di Jalan Purnawirawan Gg. Swadaya 3 No. 54,Kelurahan Gunung Terang Kecamatan Langkapura, Bandar Lampung.

Program yang memang ditujukan kepada masyarakat umum yang masih menerima manfaat dari penyaluran zakat ini pun membidik ibu-ibu rumah tangga atau anak-anak muda guna mendapatkan pelatihan dan ketrampilan.

Neneng yang merupakan penjahit di Neng’s Creative Home mengaku akan membuat jilbab instan untuk menyambut bulan Ramadhan.

“Selain jilbab, ingin membuat baju anak-anak dari kain percak,” ujarnya.

Wanita berhijab ini juga berkeinginan untuk memantapkan ide agar produknya bisa dijual dalam julmah yang besar.

 “Sekarang, kalo ada yang pesan aja baru kita buat. Tapi juga terkadang beli bahan dan coba-coba untuk buat sendiri lalu ditawarkan kepada tetangga,” ujarnya.

Untuk pembuatan dari bahan sampai dengan jadi bentukan baju, para penjahit yang juga berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini mengaku tidak sampai memakan waktu seminggu.

“Kalo kerjaan rumah, ngurus anak udah beres. Biasanya cuma 2 hari aja,” tutupnya.

Posted in Liputan Media.