Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat Kerajinan Kain Tapis Hingga Seleksi Calon Beasiswa Kader Surau di unit Universitas Negeri Lampung

Kain Tapis

LAMPUNG — Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) sebagai lembaga zakat yang konsen pada pengembangan usaha ekonomi mikro, menggulirkan program peningkatan keterampilan usaha rakyat (PKUR) kerajinan kain Tapis Lampung di Pagelaran Utara – Pringsewu. (Agustus)

Dalam kegiatan launching tersebut diserahkan dana bantuan program PKUR senilai Rp.104.420.000,- kepada 20 orang anggota kelompok binaan usaha kerajinan kain Tapis Lampung di desa Lugu Sari dan desa Sumber Bandung Pagelaran Pringsewu. Dana bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada ketua kelompok Tapis Kembar Lampung Ibu Fajarwati oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Pringsewu Bapak Drs. Heri Iswahyudi dan dalam kegiatan tersebut turut hadir Bapak Adi Kurniadi sebagai Dewan Pembina YBM Kantor Cabang BRI Pringsewu dan Bapak Amir Mudaris sebagai Pelaksana Harian YBM Kanwil BRI Bandar Lampung.

“Program ini merupakan salah satu wujud kongkrit kepedulian YBM BRI yang digulirkan secara Nasional untuk meningkatkan usaha kecil kelompok masyarakat kurang mampu di wilayah Lampung”, tutur Adi Kurniadi sebagai Dewan Pembina YBM Kantor Cabang BRI Pringsewu.

Desa Sumber Bandung Kecamatan Pagelaran Utara merupakan daerah pedalaman di wilayah Kabupaten Pringsewu, yang mayoritas masyarakat berada dibawah garis ekonomi dan pendidikan. Sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani dan buruh harian lepas hingga akses jalan desa yang rusak parah hingga sulit dijangkau kendaraan umum, menyebabkan masyarakat desa sulit bepergian keluar masuk wilayah tersebut. Semoga dengan adanya realisasi program PKUR YBM BRI di wilayah tersebut mampu meningkat pendapatan dan taraf hidup masyarakat.

Sementara di lain tempat YBM BRI mengadakan seleksi calon penerima beasiswa Kader Surau YBM BRI unit Universitas Negeri Lampung. Mahasiswa yang mengikuti seleksi lanjutan adalah mereka yang lolos dalam seleksi administrasi secara online sebelumnya dari 37 Mahasiswa yang lolos seleksi online, hanya 12 orang yang akan mendapatkan pembinaan intensif program Beasiswa Kader Surau YBM BRI. 

Selain di UNILA tes sejenis pun dilaksanakan di 7 perguruan tinggi terpilih seluruh Indonesia, diantaranya : UNSRI, UNPAD, UNDIP, UGM, UB, ITS dan IPB.

Beasiswa Kader Surau adalah salah satu Program YBM BRI dalam Program Berbagi Smart Rakyat Indonesia. yang menitik beratkan pada pembentukan dan pembinaan generasi muda Islam. Penerima beasiswa kader surau akan mendapatkan SPP, living cost, asrama dan kurikulum pembinaan terintegrasi.

Tampak Foto: Dwi Iqbal Noviawan (GM YBM BRI) melakukan interview M. Bebe mahasiswa Fak. Teknik Geofisika calon penerima beasiwa.

Posted in Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia, Berbagi Smart Rakyat Indonesia, Berita.